Kajati Sulteng Sosialisasi Peran TP4D dalam Tata Kelola Dana Desa

Drs. M. Rum, SH, MH selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah memberikan pemaparan pentingnya Peran Kejaksaan atas pengelolaan Dana Desa, Kegiatan yang dibuka oleh Gubernur Sulteng Drs. Longki Djanggola, MSi. ini terselenggara oleh Inspektorat Propinsi Sulawesi Tengah pada Selasa (13/11/2018) di salah satu hotel di Kota Palu.

Kajati dalam pemaparannya menyampaikan TP4D dapat digunakan sebaik-baiknya sesuai fungsinya dan bukan malah dijadikan sebagai bunker tempat persembunyian dari permasalahan hukum.

”TP4D dapat digunakan sebaik-baiknya sesuai fungsinya dan bukan malah dijadikan sebagai bunker tempat persembunyian dari permasalahan hukum”. Tegas mantan Kapuspenkum Kejagung RI.

“Penegak Hukum bukan semacam industri yang harus menghasilkan produk hukum sebanyak banyaknya,tetapi bagaimana kita mencegah terjadinya pelanggaran hukum tersebut“ Paparnya.

Dalam kesempatan tersebut,orang nomor satu di Korps Adhyaksa sulawesi tengah ini menyampaikan amanat Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang menegaskan  penggunaan dana desa harus diawasi dengan baik. Dana desa jumlahnya sangat besar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Pesan presiden,Dana Desa harus dikelola dengan benar dan direncanakan dengan baik“ Kutipnya.

Sosialisasi Pengawasan Dana Desa oleh Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) diikuti oleh para Kepala Badan Inspektorat Daerah se Sulteng, Kasi Intel Kejari dan Kacabjari Kejaksaan se Sulteng, serta para Camat se Sulawesi Tengah berjumlah 170-an orang.