Sosialisasi Penerangan Hukum “Jaksa Masuk Sekolah” Di MAN 2 Palu

Palu – Jaksa Masuk Sekolah (JMS) merupakan program rutin Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah bidang Intelijen untuk memberikan pengetahuan hukum terhadap sejumlah siswa disekolah-sekolah dengan tagline “Kenali Hukum Jauhi Hukuman” kali ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Palu. Jl. MH Thamrin No. 41 Kota Palu. Selasa, (6/3/2018).

Kegiatan JMS di MAN 2 Palu tersebut didampingi oleh Wakasek bidang Kesiswaan MAN 2 Palu Drs. Irham, M.Ag., Tim kejaksaan yang dipimpin Assisten Intelijen (Ass Intel) Ujang Supriyanto. SH,MH. di dampingi Kasi Penkum Kejati Sulteng Andi Rio Dg.Rahmatu. SH., Kasi II Hadjat SH., serta staf Bidang Intelijen Kejati Sulteng lainnya.

Dalam sambutannya Assisten Intelijen Ujang Supriyanto yang juga merupakan mantan Kajari Cilegon Jawa Barat ini mengenalkan tentang tugas dan fungsi institusi Kejaksaan di dalam pemerintahan.  .

“Kejaksaan adalah institusi penegakan hukum yang mewakili kepentingan masyarakat yang terganggu kepentingan hukumnya” katanya.

Kasi Penkum Andi Rio dalam paparannya selain menjelaskan tentang bahaya narkoba yang dapat merusak masa depan para siswa juga menekankan bahwa perlunya meningkatkan nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan sejak dini.

Kasi II Hadjat juga menerangkan bagaimana upaya-upaya hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan untuk memerangi peredaran narkoba di masyarakat.

Kegiatan ini mendapatkan perhatian yang sangat baik oleh para siswa dimana dalam sesi tanya jawab banyak siswa yang aktif untuk bertanya. Pertanyaan yang diajukan antara lain tentang masalah penegakan hukum yang berbenturan dengan hukum adat, sanksi pidana bagi pelaku dibawah umur, serta masalah yang berhubungan dengan penegakan hukum di bidang tindak pidana khusus.

Harapannya melalui kegiatan ini para siswa/pelajar dapat lebih mengenal Institusi Kejaksaan dan lebih memahami tentang penegakan hukum di Indonesia sehingga para siswa dapat menjadi masyarakat yang taat hukum.